Cara Membersihkan Jejak Digital di Google

Desember 18, 2017
Raja internet seperti Google seolah-olah sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Dimanapun akan selalu ada Google :D Mau belanja, pergi, cari tempat enak buat makan, dan lain sebainya, pasti membutuhkan aplikasi buatan Google. Ya... meski terkadang keamanan internet tanpa menggunakan VPN cepat bisa juga meninggalkan jejak saat kita browsing menggunakan Google tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, sebenarnya Google menghasilkan uang dari kita semua dan pengambilan data pun dari apa yang kita lakukan dengan teknologi Google tersebut. Bahkan semua aktifitas dapat terekam Google dengan baik.

Contoh kecil, kita bisa memantau keadaan lalu lintas melalui Google Maps secara real-time. Itu berkat data yang dikumpulkan dari kita juga. Android bisa sampai secanggih seperti sekarang, juga boleh dibilang karena kita.

Baca Juga:
Tips Mempercepat Koneksi Wifi Menggunakan CMD

Oleh sebab itu, sangat wajar, jika para pengguna layanan Google punya perasaan cinta sekaligus benci. Mereka mungkin merasa sedikit khawatir mengenai seberapa banyak informasi tentang mereka yang dikumpulkan Google. Apa kamu termasuk salah satunya? Kalau iya, tak usah khawatir. Kita bisa menghapus jejak digital dan informasi di Google dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

1. Pertama, kunjungi halaman myactivity.google.com untuk menemukan data dan riwayat penelusuran Google. Lebih baik tandai sebagai bookmark, untuk memudahkan bersih-bersih secara rutin.

2. Masuk dengan akun Google, pilih data yang ingin dilihat. Di situ kamu dapat melihat berdasarkan grup atau item. Lebih lanjut kamu juga bisa melihat aktivitas Google lainnya. Jangan ragu untuk bereksplorasi.

Cara Membersihkan Jejak Digital di Google

3. Dari sini, kamu bisa memilih opsi apa yang ingin dilihat, seperti aktivitas aplikasi dan web, aktivitas suara dan audio, informasi perangkat, riwayat penelusuran lokasi, serta video YouTube yang ditonton atau dicari.

4. Setelah memilih salah satu data yang ingin dilihat, perhatian dengan teliti, informasi apa saja yang dimiliki Google tentang kamu. Apakah informasi tersebut perlu disimpan atau dimusnahkan.

5. Nah, jika kamu ingin data dan informasi tersebut dihapus, klik pilihan "Hapus aktivitas menurut". Selanjutnya kamu bisa menghapus berdasarkan topik atau produk.

Baca Juga:
Beragam Jenis Routerboard Mikrotik dan Spesifikasinya

6. Kamu bisa menentukan berapa banyak informasi yang ingin dihapus. Kamu bisa memilih berdasarkan harian (today, yesterday) atau waktu lebih spesifik dengan memilih advanced untuk mingguan, bulanan bahkan selamanya (4 weeks, all time).

7. Pilih sesuai yang diinginkan dan data serta jejak digital yang tak diinginkan pun hilang.

Sangat mudah, bukan?

Untuk keamanan maksimal, sebaiknya gunakan VPN cepat untuk menjaga keamanan data Anda secara terus menerus saat melakukan aktivitas maya jika dirasa cara di atas masih belum berhasil juga. Semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔